Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Tumis Jamur Yang Lezat Dan Gurih

Resep Tumis Jamur -  Kalau bicara tentang jamur, apakah jamur bisa dibuat bahan makanan? Jamur atau yang biasa disebut dengan  cendawan ini bisa lho dimakan tergantung jenis jamurnya. Jamur yang biasa digunakan untuk bahan makanan juga bukan jamur liar tapi jamur yang dihasilkan oleh budidaya atau panen. Nah, jamur yang biasa bisa dikonsumsi misalnya jamur kancing,  jamur tiram, jamur kuping dan yang lainnya.

Dikarenakan kandungan jamur yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Hal ini menyebabkan saat ini banyak makanan maupun hidangan yang menggunakan jamur seperti halnya pada pizza yang menggunakan jamur sebagai topping. Tapi  bukan hanya itu, Anda bisa menggunakan jamur ini sebagai campuran sayur atau hanya menumisnya.

Nah, jika Anda bingung ingin membuat menu makanan berbahan Aneka jamur seperti apa. Anda bisa membuat tumis jamur, karena masakan yang satu ini sangatlah sederhana dan mudah dibuat. Ada dua pilihan untuk membuat tumis jamur yaitu dengan kuah atau tanpa kuah. Untuk rasa tumis jamur yang satu ini sangatlah gurih dan asin serta untuk tekstur makanan sangatlah kenyal dan lembut.
Bagaimana?  Anda penasaran  ingin mencobanya? Jika begitu yuk ikuti resep tumis jamur yang lezat dan gurih ini.

Bahan Untuk Resep Tumis Jamur

Resep Tumis Jamur

Nah, untuk pembuatan  hidangan tumis jamur ini adapun bahan yang diperlukan sebagai beriku ini :
Jarum tiram segar secukupnya

Bahan Resep Tumis Jamur

  • 100 cc air mineral
  • 5 Cabai kecil atau bisa sesuai selera Anda
  • 3 buah cabai merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 4 sdm saus tiram
  • Garam 
  • Tahu 
  • 1 sdm gula pasir

Cara Membuat Untuk Resep Tumis Jamur

Tahap Pertama 

  1. Dalam tahap pertama pembuatan resep tumis jamur yang lezat ini, Anda bisa menyimaknya sebagai berikut ini :
  2. Jamur tiram yang sudah Anda sediakan bisa dicuci bersih dengan air yang mengalir. Dan setelah itu jangan lupa untuk merendamnya dengan air panas agar tidak kaku.
  3. Sambil menunggu jamur tiramnya Anda bisa mengiris cabai rawit dan bahan yang lainnya. untuk cabai merah Anda bisa mengirisnya dengan tipis namun menyerong. Lalu bawang putih dicincang hingga halus, Dan bawang merah bisa digeprak atau ditumbuk kasar.
  4. Tahu yang telah disediakan tadi bisa dipotong dadu kecil-kecil
  5. Nah, jika jamur dirasa sudah cukup layu Anda dapat membuang air panas tadi. 
  6. Jamur tiram bisa dipisahkan dengan batangnya dengan cara dipotong dan jangan lupa untuk disuwir agar nampak lebih lebar.  Anda juga bisa memotongnya sesuai selera.

Tahap Kedua

  1. Anda bisa memanaskan minyak sayur, setelah dirasa panas bisa menumis bawang putih, bawang merah, suas tiram, dan cabai. Tumislah bahan-bahan tersebut hingga harum.
  2. Setelah bumbu matang, Anda bisa memasukkan jamur tiram. Lalu aduklah hingga bumbu tercampur rata.
  3. Jangan lupa untuk memasukkan tahu juga, aduk terus jangan sampai tahu tadi hancur.
  4. Tuangkan air matang 100 cc, dan beri garam serta gula secukupnya. Masak terus hingga airnya surut atau Anda bisa menyisihkan airnya sebagai kuah.
  5. Tumis jamur yang lezat dan gurih bisa Anda sajikan dalam mangkok.


Bagaimana sangat sederhana bukan resep tumis jamur yang satu ini? Anda bisa langsung mencobanya di rumah nanti. Di jamin hidangan yang satu ini akan lezat dan enak. Semoga artikel resep yang satu ini bisa menjadi hidangan favorit Anda. Dan jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran. Selamat mencoba!!