Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bikang Mawar Enak Dan Empuk

Resep bikang – bikang merupakan kue basah tradisional nusantara yang telah di kenal oleh sebagian orang. Kue ini di kenal di daerah jawa timur. Kue bikang biasanya di sajikan saat diadakannya acara tertentu misal pernikahan atau slametan (bagi orang jawa). Kue bikang dapat di sajikan dengan berbagai warna, dengan rasa kue yang empuk dan warna yang menarik. Bikang dapat dijadikan kue wajib untuk hari raya idul fitri yang akan dimakan bersama keluarga Anda,

Resep bikang mawar enak dan empuk ini biasanya di sajikan dalam bentuk kue bikang biasa bukan. Nah, untuk kali resep bikang ini, di buat agak berbeda dengan berbentuk mawar. Sehingga anak-anak akan semakin tertarik untuk memakanannya daripada membeli jajan yang tidak sehat. cara membuat bikang ini juga sanagt mudah dan sederhana. Anda bisa mempraktikkannya di rumah. Nah,lebih lanjut bagaimana resep Aneka Kue bikang mawar enak dan empuk. Simak ulasan berikut ini!


Resep bikang mawar enak dan empuk


Resep bikang

Di bawah ini ada beberapa bahan dan cara resep bikang mawar enak dan empuk yang bisa Anda praktikkan dirumah. Adapun bahan dan caar membuatnya antara lain:

Bahan-bahan kue bikang

  • 450 gram tepung beras
  • 45 gram tepung kanji
  • 120 gram tepung terigu


Garam halus secukupnya

  • 450 gram gula pasir
  • Pewarna makanan (warna merah dan hijau)
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 butir telur ayam 
  • santan kelapa dari 1 buah kelapa 

Cara membuat bikang mawar enak dan empuk 

  1. Langkah pertama resep bikang mawar dengan memasukkan tepung terigu, gula pasir, dan tepung kanji, aduk hingga tercampur rata. 
  2. Didihkan santan dan campur garam serta daun pandan, angkat lalu tuang ke dalam campuran tepung dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian tambahkan telur, aduk hingga tercampur rata. 
  3. Selanjutnya bagi adonan menjadi tiga bagian, dua adonan di campurkan dengan pewarna dan adonan terakhir biarkan berwarna putih. 
  4. Siapkan cetakan bikang, lalu panaskan. Tuang adonan berwarna merah lalu dipanggang terlebih dahulu pada oven ataupun di atas bara api hingga setengah matang. 
  5. Resep bikang selanjutnya dengan menuangkan adonan berwarna hijau di atas adonan berwarna merah tadi. Panggang kembali setengah matang. 
  6. Terakhir tuangkan adonan berwana putih pada cetakan berwarna merah dan hijau, panggang hingga matang pada oven. 
  7. Resep bikang terakhir dengan memberikan lubang pada bagian tengah adonan, kemudian potong bagian tepi agar membentuk kelopak.
  8. Bikang mawar enak dan empuk sudah bisa di hidangkan. 

Nah, itulah tadi resep bikang mawar enak dan empuk yang dapat Anda pratikkan di rumah. Caranya juga mudah bukan Bunda?. Dan jangan lupa untuk melihat Resep Kue Kering Lebaran. Selamat mencoba dan terimakasih